AIR CARGO SERVICE


NETWORK
KUTIPAN LANGSUNG
PEMAHAMAN
CONTOH
LINEAR
“The linear network not only carries origin-destination traffic on non-stop routes, but also through local origin  and destination traffic on multiple-stop routes.” (hal:12)
1.       Linear network atau jaringan yang relative lurus.
2.       Jaringan linear local yang mengangkut antar origin-destinasi. (domestic)
3.       Multiple routes stop (Internasional)
Maskapai Air Asia, perjalanan dari JKT( INDONESIA)-SYDNEY(AUSTRALIA).
01:30 – 04:35
Jakarta (CGK) – Kuala Lumpur (KUL)
AirAsia 383
Penerbangan satu malam
Transit di Kuala Lumpur
 (2j 05m)
KUL Semalam
4j 20m
08:55 – 20:20
Kuala Lumpur (KUL) – Sydney (SYD)
Contoh dari linear networking, masih dalam satu maskapai yang sama ( Air Asia), dengan multiple route.

>(JKT-KL-SYDNEY)
2
GRID
“The grid network can be characterized by its short- and medium-haul flights in mainly domestic markets {Hamoen,1997}.” (hal:12)
1.       Jaringan yang bergerak arahnya. >1
2.       Short domestic flight.
3.       Medium domestic flight.
10:45 – 11:35
Makassar (UPG) – Kota Kendari (KDI)
Lion 986 · Boeing 737.
( short domestic flight). Masih satu maskapai.

3
HUB&SPOKE
-HOURGLASS
“ Flights come in from one region are consolidated at the hub and diversified in the opposite direction.” (hal:12)
1.       Terjadi konsolidasi barang/ kargo di hub.
2.       Masih satu maskapai.
3.       Short& long domestic/ internasional.
05:20 – 11:05
Jakarta (CGK) – Hong Kong (HKG)
Cathay Pacific 752 · Airbus A330
Ruang kaki lebih lapang (81 cm)

Transit di Hong Kong HKG > konsolidasi barang/kargo
13:45 – 17:40
Hong Kong (HKG) – Surabaya (SUB)
Cathay Pacific 781 · Airbus A330
Ruang kaki lebih lapang (81 cm)
4j 55m
(Masih dalam satu maskapai termasuk long  flight international)
4
-HINTERLAND
“ Hub uses spokes and short-haul flights to feed the hub and consolidate for long-haul routes {Hamoen,1997}.” (hal:12)
1.       Masuk di hub short.
2.       Terjadi konsolidasi di hub.
3.       Pindah ke maskapai lain.
4.       Long flight
 ( domestic/ international).

12:50 – 16:25
Jakarta (CGK) – Bangkok (BKK)
Garuda Indonesia 862 · Boeing 737
Ruang kaki rata-rata (79 cm)
3j 35m
Transit di Bangkok BKK
4j 25m.>konsolidasi
20:50 – 00:30+1
Bangkok (BKK) – Bahrain (BAH)
Gulf Air 151 · Airbus A330
Ruang kaki lebih lapang (81 cm)
7j 40m
Transit di Bahrain BAH Semalam
9j 40m.>konsolidasi
10:10+1 – 14:35+1
Bahrain (BAH) – Istanbul (IST)
Gulf Air 43 · Airbus A320
Ruang kaki lebih lapang (81 cm)
4j 25m
Transit di Istanbul IST
7j 45m.>konsolidasi
22:20+1 – 23:45+1
Istanbul (IST) – Kayseri (ASR)
atlasglobal 126 · Boeing 737
1j 25m
(pindah maskapai/berbeda pesawat, long flight international)
5

SUMBER :
1.       Khalid eta/2006 page: 11-13

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perkembangan logistik saat ini

MODA TRANSPORTASI & MULTIMODAL TRANSPORT

MOTOR CARRIES ( MOTOR/ ALAT PEMBAWA)