TYPICAL LOGISTICAL SYSTEM
NO
|
KOMPONEN
|
FAKTA
|
PEMAHAMAN
|
1
|
Facility location structure
|
“the network of facilities selected by an enterprise's management is
fundamental to ultimate logistical result The number, size, and geographical
arrangement of facilities operated or used bear direct relationship to the
enterprise’s customer service capabilities and corresponding logistical cost
outlay” (page: 43)
|
Dalam struktur fasilitas lokasi
jaringan fasilitas yang dipilih oleh manajemen perusahaan sangat
penting untuk hasil logistik dalam kepentingan utamanya. Disini, adanya
penentuan jumlah, ukuran, dan pengaturan geografis dari fasilitas yang di
oprasikan, atau memiliki hubungan langsung dengan kemampuan dalam melayani
pelanggan pada perusahaan tersebut. Serta pengeluaran biaya logistic. Jadi
dapat menentukan struktur lokasi yang tepat dalam kegiatan logistic tersebut.
|
2
|
Transportation
|
“The cost of transport accrues from the actual payment for movement
between two points, plus the expenses related to owning in transit inventory”
“Speed of transportation service is the time required to complete a movement
between two location”
“Consistency of transportation service refers to the measured time performance
of a number of movements between two locations”. (page: 44)
|
Dalam transportasi terdapat biaya yang berasal dari pembayaran actual
dan nyata untuk pergerakan antara dua titik point yaitu antara tempat asal
(origin) ke tempat tujuan (destiny), dan juga di tambah biaya terkait dengan
persediaan transit dalam transportasi tersebut. Kecepatan layanan
transportasi adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perpindahan
antara dua lokasi. Dalam hal ini yang di pertimbangkan adalah waktu dan jarak
tempuh dalam system logistic.
Konsistensi layanan transportasi mengacu pada kinerja waktu yang
diukur dari sejumlah pergerakan antara dua lokasi.
|
23
|
Inventory
|
“The answer to a sound inventory program is found in selective
deployment centering on four factors: (1) customer qualities (2) product
qualities (3) transport integration (4) competitor performance”. (page: 45)
|
Dalam program inventarisasi atau bahan persediaan suatu perusahaan di
dalamnya terjadi kegiatan penyebaran barang secara selektif yang berpusat
pada 4 faktor utama, yaitu : (1) kualitas pelanggan (2) kualitas produk (3)
integrasi transportasi (4) kinerja pesaing.
|
4
|
Communication
|
“communication is an often neglected activity in the logistical
system”. (page: 46)
|
Dalam system logistic , aktifitas komunikasi sering terbengkalai,
atau tidak berjalan dengan baik. Dalam system logistic sangat-sangat di
butuhkan komunikasi yang baik. Baik antara shipper dan consignor maupun
antara perusahaan tersebut, harus berkomunikasi dengan baik. Dalam komunikasi
yang di butuhkan adalah sebuah informasi yang baik dan benar atau fakta. Dan dari
informasi tersebut kegiatan system logistic akan berjalan dengan lancar.
|
5
|
Handling and storage
|
“handling and storage permeates the system and directly relates to
all aspects of operation. It involves the flow of inventory through and
between facilities with such flow initiated only in response to a product or
material need” (page: 47)
|
Dalam system penanganan dan penyimpanan atau werehousing, sangat
penting karena system ini yang akan mengendalikan kegiatan yang berhubungan
secara langsung dalam semua aspek operasi. Dan dalam hal ini melibatkan arus
persediaan barang di dalamnya, dengan arus semacam itu yang di mulai hanya
sebagai tanggapan atas barang (produk) yang di inginkan serta barang baku /
material yang di butuhkan pada perusahaan tersebut. Maka dari itu penting nya
kegiatan handling dan storage ini.
|
Conclusion (kesimpulan)
:
Jadi kesimpulannya pada system dan komponen logistic ini
adalah, kekuatan utama logistik berevolusi dari pengembangan teknik dan konsep
untuk komponen pengikat secara intregrated. Teknologi sistem menyediakan
kerangka kerja untuk mengevaluasi desain logistik alternatif berdasarkan total
biaya. orientasi sistem berdiri secara langsung pada pendekatan tradisional
untuk menumbuhkan kegiatan pengelolaan logistik secara terpisah atau berbeda.
SOURCE:
A system integration
and physical destination management and materials management- Donald J Bowesox (1978).
Komentar
Posting Komentar