TYPICAL LOGISTICAL SYSTEM
NO
KOMPONEN
FAKTA
PEMAHAMAN
1
Facility location structure
“the network of facilities selected by an enterprise's management is fundamental to ultimate logistical result The number, size, and geographical arrangement of facilities operated or used bear direct relationship to the enterprise’s customer service capabilities and corresponding logistical cost outlay” (page: 43)
Dalam struktur fasilitas lokasi
jaringan fasilitas yang dipilih oleh manajemen perusahaan sangat penting untuk hasil logistik dalam kepentingan utamanya. Disini, adanya penentuan jumlah, ukuran, dan pengaturan geografis dari fasilitas yang di oprasikan, atau memiliki hubungan langsung dengan kemampuan dalam melayani pelanggan pada perusahaan tersebut. Serta pengeluaran biaya logistic. Jadi dapat menentukan struktur lokasi yang tepat dalam kegiatan logistic tersebut.
2
Transportation

“The cost of transport accrues from the actual payment for movement between two points, plus the expenses related to owning in transit inventory”
“Speed of transportation service is the time required to complete a movement between two location”
“Consistency of transportation service refers to the measured time performance of a number of movements between two locations”. (page: 44)
Dalam transportasi terdapat biaya yang berasal dari pembayaran actual dan nyata untuk pergerakan antara dua titik point yaitu antara tempat asal (origin) ke tempat tujuan (destiny), dan juga di tambah biaya terkait dengan persediaan transit dalam transportasi tersebut. Kecepatan layanan transportasi adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perpindahan antara dua lokasi. Dalam hal ini yang di pertimbangkan adalah waktu dan jarak tempuh dalam system logistic.
Konsistensi layanan transportasi mengacu pada kinerja waktu yang diukur dari sejumlah pergerakan antara dua lokasi.
 23
Inventory

“The answer to a sound inventory program is found in selective deployment centering on four factors: (1) customer qualities (2) product qualities (3) transport integration (4) competitor performance”. (page: 45)
Dalam program inventarisasi atau bahan persediaan suatu perusahaan di dalamnya terjadi kegiatan penyebaran barang secara selektif yang berpusat pada 4 faktor utama, yaitu : (1) kualitas pelanggan (2) kualitas produk (3) integrasi transportasi (4) kinerja pesaing.
4
Communication

“communication is an often neglected activity in the logistical system”. (page:  46)
Dalam system logistic , aktifitas komunikasi sering terbengkalai, atau tidak berjalan dengan baik. Dalam system logistic sangat-sangat di butuhkan komunikasi yang baik. Baik antara shipper dan consignor maupun antara perusahaan tersebut, harus berkomunikasi dengan baik. Dalam komunikasi yang di butuhkan adalah sebuah informasi yang baik dan benar atau fakta. Dan dari informasi tersebut kegiatan system logistic akan berjalan dengan lancar.
5
Handling and storage
“handling and storage permeates the system and directly relates to all aspects of operation. It involves the flow of inventory through and between facilities with such flow initiated only in response to a product or material need” (page: 47)
Dalam system penanganan dan penyimpanan atau werehousing, sangat penting karena system ini yang akan mengendalikan kegiatan yang berhubungan secara langsung dalam semua aspek operasi. Dan dalam hal ini melibatkan arus persediaan barang di dalamnya, dengan arus semacam itu yang di mulai hanya sebagai tanggapan atas barang (produk) yang di inginkan serta barang baku / material yang di butuhkan pada perusahaan tersebut. Maka dari itu penting nya kegiatan handling dan storage ini.

Conclusion (kesimpulan) :
Jadi kesimpulannya pada system dan komponen logistic ini adalah, kekuatan utama logistik berevolusi dari pengembangan teknik dan konsep untuk komponen pengikat secara intregrated. Teknologi sistem menyediakan kerangka kerja untuk mengevaluasi desain logistik alternatif berdasarkan total biaya. orientasi sistem berdiri secara langsung pada pendekatan tradisional untuk menumbuhkan kegiatan pengelolaan logistik secara terpisah atau berbeda.

SOURCE:
A system integration and physical destination management and materials management- Donald J Bowesox (1978).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perkembangan logistik saat ini

MODA TRANSPORTASI & MULTIMODAL TRANSPORT

MOTOR CARRIES ( MOTOR/ ALAT PEMBAWA)