logistic history

LOGISTIC HISTORY
Perkembangan kegiatan logistik dari tahun ke tahun mengalami beberapa perubahan, baik dari segi aktivitasnya, peencanaannta, pelayanannya dll. Hal ini terjadi karena perubahan zaman dan mindset yang terus berkembang menjadi lebih baik. Perkembangan Logistik di antaranya:

Ini semua saya kutip dari:
resource : A system integration and physical destination management and materials management- Donald J Bowesox (1978).
*kurang lebihnya mohon maaf. Karena masih dalam proses belajar.

NO
PERIODE
FAKTA
PEMAHAMAN
1
< 1950
“The neglect and subsequent late development of logistics can be logically attributed to at least 2 major forces. First, prior to the time that computers were commonplace and before quantitative techniques were widely available, there was no reason to believe that the overall integration of logistical activities would improve performance. A second major force contributing to modification of traditional practices was the existence of a prolonged , volatile economic climate”. (page 5 to 6)
Kelalaian dan keterbelakangan dalam logistic dapat di kaitkan dengan 2 faktor utama yang kuat,. yang pertama sebelum adanya computer biasa dan teknik kuantitatif yang menyebar luas dalam kegiatan,  dapat di pastikan bahwa kinerja logistic itu meningkat dan berkembang dengan baik, dan di pastikan seluruh aktifitas logistic meningkat. Yang kedua adalah berkontibusi terhadap modifikasi praktik tradisional yaitu adanya iklim ekonomi yang berkepanjangan dan bergejolak.
2
1956-1965
“ The period from 1956 to 1965 was the decade during which the integrated logistical concept crystallization after years of relative obscurity. Four major developments solidified this crystallization : (1) development of total cost analysis, (2) development of the systems approach, (3) increased concern for customer service, and (4) revised attention to distribution channel arrangements”. (page 6)
Dalam periode tahun ini merupakan decade dimana konsep kristalisasi (pembekuan, tidak jalan) logistic terintegrasi setelah bertahub tahun tidak jelas. Ada empat perkembangan yang memperkuat kristalisasi ini, 1. Pengembangan analisis biaya total, ada nya penelitian pengeluaran atau cost yang terjadi saat kegiatan kristalisasi logistic integrasi ini dalam jumlah keseluruhannya. 2. Pengembangan pendekatan system, adanya perluasan dan perbaikan system atas metode pendekatan yang terjadi dalam kegiatan system di dalamnya. 3. Meningkatnya perhatian terhadap layanan pelanggan , lebih bisa meningkatkan awareness yang tinggi untuk para pelanggan yang bersangkutan agar kegiatan nya berjalan dengan baik dan lancer dan juga bisa saling memuaskan dalam pelayanan dan  4. Merevisi peraturan pengaturan distribusi, dalam artian adanya perbaikan aturan –aturan dalam kegiatan distribusi logistic.
3
1965-1970
“The period from 1965 to 1970 was the time during which the basic concepts of logistics were to be tested. “ (page 9)
Pada masa periode ini konsep dasar logistic di uji. Dimana konsep tersebut memberikan prediksi yang nyata dan konsep tersebut berhasil dalam menangani waktu yang tepat. Tekanan yang di terima konsepini ada pada hasil operasi seperti tidak terhitungnya perusahaan yang sudah memulai operasinya dan melaksanakan integerasi logistic.
4
1970-1978
“ The years from 1970 to 1978 represented a period of prolonged uncertainty in almost every dimension of enterprise activity”. (page 9)
Pada tahun tahun ini sangat mewakilkan periode kegiatan logistic yang tidak akftif dalam kurung waktu yang panjang dan lama, hampir setiap dimensi perusahaan yang terlibat dalam kegiatan integerasi yang belum pasti pada tahun tahun sebelumnya.mereka masih berlanjut dalam kegiatan yang belum ada kepastian kegiatan integrasi yang jelas.
5
>1978
“ A fourth reason for the integration of logistical operations is an increasing awareness that many trade –offs exist between manufacturing economies and marketing requirements that can be reconciled by a well design logistical system”. (page 12)
Alasan yang ke empat dalam kegiatan integrasi logistic ini,meningkatnya kesadaran atas keadaan yang terjadi yaitu banyak nya trade off ( perdagangan yang sudah mati dan tidak berjalan) dan hal itu terjadi antara ekonomi manufaktur, dan persyaratan pemasaran yang dapat di damaikan oleh system ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODA TRANSPORTASI & MULTIMODAL TRANSPORT

perkembangan logistik saat ini

ECO AIRPORT